Jurusan Multimedia
MULTIMEDIA
Jurusan Multimedia SMK Mutiara 17 Agustus beralamat di Jl. Perjuangan Kav. M1 Harapan Baru Kota Bekasi. Dengan adanya Jurusan Multimedia, siswa dibekali keterampilan desain, editing, animasi, dan fotografi. Lulusan dari Jurusan Multimedia dapat bekerja di dalam berbagai bidang pekerjaan. Seperti designer, animator, editor, fotografer, camera person, game developer dan bahkan content creator. Hal itu menyebabkan kejuruan ini digemari oleh banyak peminat. Terbukti jumlah siswa di Jurusan Multimedia memiliki presentase siswa terbanyak di SMK Mutiara 17 Agustus.
Mencetak tenaga professional yang kompeten di bidang multimedia berstandar internasional
Misi:
• Menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi tinggi dan terampil dalam bidang multimedia serta berwawasan global dan mampu bertanggung jawab
• Menghasilkan tamatan yang mampu berwirausaha secara mandiri
• Menghasilkan tamatan yang mampu bersaing di dunia pekerjaan
Lingkup pekerjaan Jurusan Multimedia
1. Desainer grafis
2. Illustrator
3. Fotografer
4. Videographer
5. Animator
6. Web Designer atau Web Developer
7. Editor
8. Motion Grapher
9. Game Developer
10. Content Creator
Prestasi yang pernah dicapai pada Jurusan Multimedia
1. Finalis lomba gambar digital di Olimpiade TIK Nasional 2019
2. Juara 1 fotografi Al Azhar 2017
Guru Pengampu Produktif Multimedia
1. Cathy Trisdiana Aulia, S.Pd
2. Dwi Lestari, S.Pd
3. Nur Aini, S.Kom
4. Nasrullah, S.SI
STRUKTUR KURIKULUM JURUSAN MULTIMEDIA
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. A. Muatan Nasional |
|||||||
1. 1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. 2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. 3 |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
3 |
3 |
4. 4 |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. 5 |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
6. 6 |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
B. B. Muatan Kewilayahan |
|||||||
7. 1 |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
8. 2 |
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
Jumlah A dan B |
24 |
24 |
17 |
17 |
16 |
16 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|||||||
C1 Dasar Bidang Keahlian |
|||||||
9. 1 |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
10. 2 |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
11. 3 |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C2 Dasar Program Keahlian |
|||||||
12. 1 |
Sistem Komputer |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
13. 2 |
Komputer dan Jaringan Dasar |
3 |
3 |
||||
14. 3 |
Pemrograman Dasar |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
15. 4 |
Dasar Desain Grafis |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C3 Kompetensi Keahlian |
|||||||
16. 1 |
Desain Grafis Percetakan |
- |
- |
12 |
12 |
- |
- |
17. 2 |
Teknik pengolahan audio video |
- |
- |
- |
- |
12 |
12 |
18. 3 |
Teknik animasi 2D dan 3D |
- |
- |
12 |
12 |
- |
- |
19. 4 |
Desain media interaktif |
- |
- |
- |
- |
12 |
12 |
20. 5 |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
5 |
5 |
5 |
5 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) |
20 |
20 |
29 |
29 |
29 |
29 |
|
Total |
44 |
44 |
46 |
46 |
45 |
45 |